Anda belum login :: 20 Feb 2025 08:19 WIB
Detail
BukuHubungan Sikap Siswa terhadap Pembelajaran Matematika dengan Kecemasan Matematika kelas V SDN Karang Tengah 6 dan Karang Tengah 7 Ciledug Kota Tangerang.
Bibliografi
Author: Kusumawati, Yenny ; Sudarnoto, Laura Francisca Neneng (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2005    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIPK-269
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam proses pembelajaran di sekolah, Matematika merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan secara luas pada berbagai jenjang pendidikan di sekolah. Matematika adalah ilmu tentang bilangan-bilangan, hubungan-hubungan antara bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian persoalan mengenai bilangan Pada umumnya, siswa mengalami kecemasan terhadap pelajaran matematika. Kecemasan matematika adalah reaksi emosional berupa perasaan takut, tegang, dan cemas bila berkaitan dengan manipulasi angka atau bilangan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan kecemasan matematika siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Karang Tengah 6 dan 7. Subjek untuk uji coba sebanyak 48 siswa dan subjek untuk penelitian sebanyak 100 siswa.
Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sikap tentang pembelajaran matematika dan skala penilaian tentang kecemasan matematika. Teknik statistik yang digunakan adalah korelasi product moment dengan program satistika SPSS versi 11.0. Hasil ujicoba instrumen yang diberikan kepada 48 siswa SD kelas V pada skala sikap siswa terhadap pembelajaran matematika diperoleh 22 pernyataan dari 36 pernyataan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,85 dan pada instrumen kecemasan matematika diperoleh 34 pernyataan dari 45 pernyataan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,91. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan kecemasan matematika.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin positif sikap siswa terhadap pembelajaran matematika maka akan semakin rendah tingkat kecemasan dalam menghadapi pelajaran atau ujian matematika. Semakin rendah sikap siswa terhadap pembelajaran matematika maka akan semakin tinggi tingkat kecemasan dalam menghadapi pelajaran atau ujian matematika.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada kepala sekolah agar memperhatikan kesejahteraan para guru dan menyediakan sarana prasarana, media pembelajaran yang mendukung guru untuk kreatif dalam mengajar. Guru kelas agar dapat menciptakan suasana yang kompetisi yang sehat agar minat siswa terpacu untuk lebih menyukai pelajaran matematika. Guru BK agar dapat membantu guru kelas dalam menangani masalah kelas dan diharapkan guru BK dapat memberikan layanan konseling belajar kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)