Mutu pelayanan reservasi di Qantas Jakarta, merupakan salah satu unsur dari pencapai keunggulan bersaing yang termasuk dalam bagian strategi diferensiasi. Strategi layanan reservasi yang bermutu memungkinkan sebuah perusahaan jasa penerbangan seperti Qantas, mampu menciptakan nilai tambah bagi produk yang ditawarkan, dengan tujuan dapat memenuhi nilai konsumen mereka di Indonesia. Qantas Jakarta mengklasifikasikan produknya secara umum menjadi 2 yaitu ; produk layanan penerbangan regular ( Produk Non ¿ Promo ) dan produk layanan penerbangan paket ( Produk Promo ). Qantas Jakarta mengkombinasikan implementasi dari strategi diferensiasi khususnya dengan meningkatkan sistem layanan reservasi Amadeus yang lebih canggih, fleksibel dan bermutu sehingga mempermudah terciptanya variasi produk ( untuk mencapai tujuan jangka pendek ), sekaligus mendukung strategi difersifikasi melalui perluasan pasar di Indonesia secara agresif ( untuk mencapai tujuan jangka panjangnya ).Penelitian dilakukan dengan cara mewawancarai manajer area Qantas Airlines Jakarta dan kemudian data ¿ data yang diperoleh diteliti dengan menggunakan analisis SWOT, Matriks SWOT dan Matriks Perencanaan Strategik Kuantitatif (QSPM ). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah strategi peningkatan mutu pelayanan reservasi di Qantas Jakarta dikatakan cukup berhasil diterapkan sebagai dasar untuk mengembangkan keunggulan bersaing, dan memantapkan eksistensi perusahaan di masa mendatang. |