PT. Asuransi Wahana Tata merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, sehingga hal yang paling menjadi perhatian utama dalam kegiatan perusahaan adalah jasa layanannya. Oleh karena itu hal yang paling menjadi ukuran penilaian bagi konsumen adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Kepuasan konsumen merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan dan perkembangan perusahaan asuransi itu sendiri. Dalam Skripsi ini, penulis membahas mengenai ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS LAYANAN PT. ASURANSI WAHANA TATA, CABANG UTAMA dengan tujuan untuk mengetahui apakah tingkat kualitas dari kinerja perusahaan sudah sesuai dengan tingkat kualitas yang diharapkan oleh para konsumen. Dalam penelitian pengujian hipotesa, penulis menggunakan uji Wilcoxon. Atribut yang diteliti oleh penulis adalah atribut layanan yang terdiri dari 5 (lima) dimensi yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy , yang terbagi menjadi dua bagian yaitu tingkat harapan konsumen dan tingkat kinerja aktual perusahaan. Pada skripsi ini penulis mengumpulkan data dengan metode convenience sampling, dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar dari responden masih merasa kurang puas terhadap kualitas layanan dari PT. Asuransi Wahana Tata. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang sebagian besar responden menyatakan tingkat kinerja perusahaan masih berada di bawah tingkat harapan konsumen, namun juga terdapat beberapa responden yang menyatakan kinerja perusahaan sudah sesuai dengan harapannya. Saran dari penulis bagi perusahaan adalah agar perusahaan lebih memberi perhatian pada atribut layanan yang dinilai sangat penting bagi konsumennya. Hal ini dapat diketahui dengan menyediakan kotak saran dan kritik, sehingga perusahaan dapat berinteraksi dengan para konsumen. |