Produk yang ditawarkan oleh perusahaan hendaknya dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan para pelanggan sehingga tercipta kepuasan dan kepercayaan terhadap produk. Untuk itu perusahaan berusaha untuk membuat produk yang dapat memenuhi kriteria tersebut diantaranya melalui kebijaksanaan pengembangan produk. Untuk mengatasi penjualan VCD bajakan yang begitu banyak maka perusahaan mengeluarkan produk baru yang disebut Box Set. Keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan produk sangat mempengaruhi usaha perusahaan terutama untuk meningkatkan penjualan, sebab apabila perusahaan hanya menetapkan harga produksi yang bersaing, promosi yang gencar dan sistem distribusi yang baik tanpa mengadakan pengembangan produk maka perusahaan tidak dapat mencapai hasil penjualan yang maksimum. Kebijaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh PT Vision Interprima Pictures berdampak positif pada volume penjualan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi berganda sebesar 0,7372 yang menunjukkan hubungan antara penjualan VCD bajakan dan biaya promosi dengan penjualan VCD original. Melalui pembuktian ini seharusnya PT. Vision Interprima Pictures menyadari betapa pentingnya melakukan kegiatan pengembangan produk untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan, serta diharapkan perusahaan dapat menerapkan strategi pengembangan produk dengan cermat dan tepat. |