Persepsi konsumen mempunyai peranan penting dalam kaitannya dengan kepuasan konsumen untuk mempertahankan pelanggan dan juga untuk meningkatkan jumlah pelanggan komik. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisis bagaimana persepsi konsumen terhadap komik yang diterbitkan PT Elex Media Komputindo dari segi kepuasan. Untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut-atribut yang berhubungan dengan komik terbitan PT Elex Media Komputindo, penulis mengadakan riset guna mendapatkan data yang diperlukan bagi PT Elex Media Komputindo untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik. Penulis mengadakan wawancara dengan pihak perusahaan dan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden yang dipilih dengan metode Stratified Random Sampling. Kuesioner terdiri dari dua bagian, identitas diri responden dan persepsi konsumen terhadap komik PT Elex Media Komputindo. Adapun variabel-variabel atau atribut-atribut yang dianalisis adalah cover/sampul, kualitas bacaan/cerita, ilustrasi gambar, kemudahan memperoleh, variasi cerita, harga, judul, penjilidan/daya rekat, dan kualitas kertas Setelah data terkumpul dan dianalisis, maka penulis dapat menarik kesimpulan secara keseluruhan Komik-komik terbitan PT Elex Media Komputindo memiliki kekuatan yang meliputi segi cover, kualitas bacaan, ilustrasi gambar, kemudahan untuk memperoleh, variasi cerita, judul, penjilidan dan kualitas kertas, namun memiliki sedikit kelemahan pada harga yang ditawarkan. |