Bagian penjualan perusahaan garment PT. POINTMAS CEMERLANG, Jakarta dalam melayani konsumen dan pelanggan secara langsung adalah Sales Promotion Girl (SPG). Oleh karena itu perusahaan merencanakan program pelatihan berkelanjutan yang di rencanakan, dan di implementasikan oleh bagian Personalia SPG dan Marketing Manager sebagai penanggung jawab.
Peneliti ingin mengetahui bagaimana program pelatihan bagi Sales Promotion Girl (SPG) dan mengetahui hubungan program pelatihan yang diselenggarakan perusahaan dengan produktivitas SPG. Peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dengan mewawancarai Marketing Manager dan Personalia SDM untuk mendapatkan data sekunder mengenai pelaksanaan pelatihan. Peneliti, kemudian menyebarkan kuesioner kepada 30 orang SPG mengenai pelatihan (variabel X) dan produktivitas (variabel Y). Peneliti menggunakan analisa koefisien korelasi untuk mengetahui hubungan pelatihan dengan produktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan meliputi pengembangan diri yaitu: Motivasi, Penampilan SPG, Sikap SPG, Trik Menjual, Disiplin, Bekerja sama, Komunikasi, Pelayanan sepenuh hati, Berpikir positif, dan pengetahuan teknis yaitu: Profil Perusahaan; Pengetahuan Produk dan Mode & Trend dari produk yang dijual; Perencanaan,pengecekan, pemesanan kembali; Visual (display), input data penjualan, dan Laporan Penjualan. Hasil analisa korelasi antara pelatihan dengan produktivitas menunjukkan hubungan yang kuat dengan nilai r = 0,9182. Menurut teori korelasi, hubungan yang sempurna adalah 1 (satu). Kesimpulan menunjukkan bahwa SPG memerlukan program pelatihan karena tanpa pelatihan elemen-elemen pengetahuan teknis dan pengembangan diri, mereka rata-rata hanya menguasai setengahnya sedangkan sesudah pelatihan mereka dapat menguasai hampir tigaperempatnya. Sedangkan pelatihan pengambilan keputusan yang tepat dalam pemesanan barang kembali sudah memadai. Peneliti mengajukan saran supaya pelatihan pengembangan diri tetap diberikan karena meningkatkan rasa tanggung jawab SPG terhadap kemajuan perusahaan secara signifikan. |