Personal selling merupakan salah satu bagian dari promosi (promotion) dan memiliki peran penting sebagai pemicu penjualan yang kemudian akan menentukan keberhasilan pemasaran perusahaan. Pemasar perlu menetapkan strategi penjualan perseorangan secara tepat dalam hal Ini melakukan kunjungan kepada pasar yang dituju, menentukan pembeli yang potensial, melakukan pendekatan pendahuluan dan merealisasikan penjualan. Yang dilakukan perusahaan adalah melatih, memotivasi, pemberian kompensasi seperti pemberian komisi dan lainnya kepada para wiraniaga agar dapat menjalankan strategi penjualan perseorangannya secara baik untuk meningkatkan volume penjualan perusahaan. Oleh karena itu penulis mencoba untuk meneliti bagaimana pengaruh besarnya komisi terhadap volume penjualan pada CV Putra Mandiri(perusahaan yang bergerak di bidang general supplier barang-barang kebutuhan hotel,dll) Metode penelitian yang digunakan adalah riset kepustakaan untuk mendapatkan landasan teoritis mengenai masalah yang diteliti dan riset lapangan ke perusahaan untuk mendapatkan data secara lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian komisi memiliki pengaruh yang besar terhadap motivasi, keseriusan dan keuletan kerja para wiraniaga sehingga para wiraniaga dapat melaksanakan strategi penjualan perseorangan secara baik dan hal itu dapat meningkatkan penjualan perusahaan. Saran yang dapat diberikan kepada perusahaan antara lain untuk lebih meningkatkan penjualan lebih baik jika penjualan perseorangan lebih sering dilakukan dengan bertatap muka adar konsumen lebih jelas tentang barang yang ditawarkan. Dan perlu dibina hubungan baik yang terus berlanjut agar konsumen menjadi pelanggan tetap perusahaan. |