Pengembangan Usaha adalah kegiatan yang penting dilakukan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya sampai tahun-tahun yang akan datang. Agar dapat bersaing di pasar, kepekaan terhadap kebutuhan pasar diperlukan perusahaan dalam mengembangkan usahanya, dimana kegiatan ini dapat dilakukan melalui penambahan lini produk, pengembangan produk, maupun pengembangan pasar. Karena alasan itulah penelitian ini dilakukan, dengan tujuan untuk mengetahui apakah pengembangan usaha yang dilakukan perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, faktor pendukung dan penghambat pengembangan usaha perusahaan, serta strategi pengembangan usaha perusahaan. Dalam skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan teknik survei untuk pengumpulan datanya. Data diperoleh melalui riset kepustakaan dan riset lapangan, dimana peneliti datang langsung ke perusahaan untuk bertanya pada direktur, manajer pemasaran, dan bagian keuangan, yang telah dipilih sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha yang dilakukan perusahaan melalui penambahan produk, modifikasi produk, serta pengembangan pasar adalah bagus untuk menunjang kelangsungan hidup perusahaan di tahun-tahun mendatang. Penelitian dibuktikan melalui adanya rencana target jual perusahaan tahun 2004 yang besar (yaitu Rp. 8.962.200.000,-), besarnya peluang jual perusahaan untuk tahun mendatang berdasar informasi yang diperoleh, serta kondisi neraca laba/rugi perusahaan yang menunjukkan peningkatan baik pada tahun 2003, dimana sebelumnyadi tahun 2002 perusahaan mengalami kerugian. |