Bisnis makanan di tahun 2004 mempunyai prospek yang menjanjikan. Sejalan dengan perkembangan bisnis di Indonesia, perkembangan sektor jasa khususnya rumah makan juga berkembang semakin baik. Usaha rumah makan mempunyai masa depan yang cukup baik bila dikelola dengan manajemen yang baik. Banyaknya restoran yang bermunculan sekarang ini, menunjukkan semakin ketatnya persaingan dalam industri restoran. Untuk dapat bertahan dalam persaingan tersebut, pihak restoran harus bisa menciptakan keunggulan tersendiri dengan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat menciptakan kesetiaan dan loyalitas konsumennya. Berdasarkan hal tersebut, penulis dalam penelitian ini ingin mengetahui bagaimana kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh restoran Grand Brilliant Palace. Dalam penelitian ini penulis melakukan survei dengan menggunakan metode convenience sampling kepada 100 orang konsumen restoran Grand Brilliant Palace dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan skala likert. Kemudian untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen digunakan perhitungan Overall Mean Score (OMS). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden restoran Grand Brilliant Palace merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak restoran Grand Brilliant Palace. |