Penulisan skripsi ini menganalisis mengenai persepsi konsumen terhadap LBA Atma Jaya Jakarta. Sebagai Lembaga bahasa, LBA Atma Jaya menawarkan berbagai jenis kursus bahasa, baik bahasa asing atau bahasa Indonesia bagi penutur asing. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu dengan melakukan riset lapangan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 80 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode cluster sampling. Metode selanjutnya dengan melakukan wawancara dan penelitian kepustakaan dengan cara membaca buku-buku, literatur-literatur dan sumber data lainnya. Kemudian mengukur tingkat kepentingan/kinerja kepuasan konsumen dilakukan dengan menggunakan skala evaluasi 5 tingkat(likert). Adapun faktor-faktor/atribut yang dianalisis adalah materi yang diajarkan, metode pengajaran, komunikasi antara guru dan murid, kebersihan dan kenyamanan ruangan kelas dan kelengkapan peralatan kursus. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui yang kinerja pelaksanaannya perlu di tingkatkan atau dipertahankan, yaitu atribut materi yang diajarkan, metode pengajaran , konunikasi serta kebersihan dan kenyamanan di ruangan kelas perlu dipertahankan karena sudah dapat memenuhi harapan konsumen. Atribut kelengkapan peralatan kursus perlu ditingkatkan pelakasanaannya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh LBA Mandarin Atma Jaya dan persepsi konsumen terhadap LBA Atma Jaya sangat baik terlihat dari bertambahnya jumlah peserta kursus bahasa mandarin setiap tahunnya. |