Silica gel adalah produk yang dibutuhkan untuk menjaga tingkat kelembaban. Produk ini dibutuhkan oleh sejumlah produk lain, misalnya makanan, alat elektronik, sepatu yang memang mementingkan tingkat kelembaban tertentu. Tidak banyak perusahaan yang memproduksi silica gel, salah satunya adalah PT. Wonderindo Pharmatama. Meskipun jumlah pemain pada industri ini tidak terlalu banyak tetapi persaingan terjadi sangat ketat. Dengan menggunakan analisis SWOT, wawancara dengan pihak-pihak yang berhubungan, observasi di lapangan dan analisis terhadap data-data sekunder, penelitian ini bermaksud untuk menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman PT. Wonderindo Pharmatama berhadapan dengan para pesaingnya. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini maka hasil penelitian yang didapat adalah strategi pemasaran yang paling memungkinkan adalah dengan mempertahankan keunggulan bersaing melalui pengembangan diferensiasi produk. Karena produk yang dihasilkan oleh PT. Wonderindo Pharmatama merupakan produk unggulan, sekarang hanya tinggal melakukan diferensiasi produk saja untuk melengkapi kebutuhan pasar, misalnya dari ukuran, bungkus yang anti air, kemasan yang lebih menarik, dan sebagainya. |