PT. Sharp Yasonta Indonesia sebagai produsen televisi Sharp di Indonesia sudah menyadari pentingnya sebuah merek. Untuk mengetahui kekuatan mereknya, maka PT. Sharp Yasonta bermaksud untuk diadakan penelitian terhadap konsumen televisi untuk mengetahui kesadaan merek mereka, atribut-atribut yang dipentingkan dalam membeli televisi, posisi merek Sharp dibanding pesaing-pesaingnya dalam hal kualitas dan harga, persepsi konsumen tentang produk televisi Sharp, serta loyalitas konsumen Sharp terhadap merek televisi Sharp ini sendiri. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat penelitiannya. Dari data yang diperoleh, maka dilakukan pengolahan data yang meliputi statistik deskriptif, k-means kluster, analisis diskriminan, thurstone case V, dan correspondence analysis. Hasil penelitian menunjukkan televisi Sharp memiliki keunggulan pada mereknya yang sudah terkenal, tahan lama, suara keras, ketajaman gambar, keragaman tipe dan ukuran, dan ketersediaan spare parts. Dari empat kluster yang terbentuk, kluster yang dapat dipilih oleh Sharp sebagai pagsa pasar utama adalah kluster dua. Strategi promosi yang dapat dilakukan oleh Sharp adalah dengan membuat iklan yang menampilkan atribut-atribut keunggulan televisi Sharp. Sebagai media promosi utamanya adalah televisi dengan mengambil slot iklan pada jam tayang utama dengan acara yang memiliki rating tinggi. |