Anda belum login :: 29 Apr 2025 04:00 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Al-Kull wa-Mutadammanatuh fi Ta'lim al-Lugha
Oleh:
Syukur, Nazri
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Al-jami'ah Journal of Islamic Studies (Fulltext) vol. 44 no. 1 (2006)
,
page 155-172.
Topik:
QUR'AN
;
suggestiveness
;
sub-consciousness
;
holistic
;
requirements
;
affection
;
and psycho-motor
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
AA62
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Dalam proses pembelajaran konsep keseluruhan didasarkan pada prinsip utama psikologi gestalt : keseluruhan lebih daripada jumlah bagian-bagiannya. konsep ini berkaitan dengan fenomena kesadaran yang dalam hal ini adalah tanggapan atau suatu representasi mental dari yang diamati. Bila dikaitkan dengan proes belajar, konsep keseluruhan berhubungan dengan bagaimana siswa membangun ketika berinteraksi dengan lingkungan. Tanggapan siswa itulah yang dipakai para ahli pendidikan dan pembelajaran bahasa untuk merancang, menyusun dan menyajikan bahan ajar, seperti yang tercermin dalam pendekatan konsentris Ibny Khaldun dalam pengembangan kurikulum, pendekatan analitik dalam penyusunan materi silabus dan metode global dalam pembelajaran bahasa dan lain-lain. Dalam humanisme, pengertian keseluruhan meluas tidak hanya merupakan karateristik kesadaran (tanggapan), tetapi lebih kepada karakteristik makhluk hidup (organism) yang dalam hal ini siswa dilihat sebagai manusia utuh (whole person). berdasarkan konsep tersebut dibangunlah pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa, seperti pendekatan konseling yang bertolak dari rogers tentang belajar supaya bebas dan metode suggestopedia yang bertolak dari sugestisasi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)