PT.Heinz ABC Indonesia adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan dan minuman. Salah satu bentuk strategi agar produsen dapat berkomunikasi dengan konsumennya adalah melalui iklan. Media iklan yang digunakan pada penelitian ini adalah media televisi karena dinilai memiliki keunggulan salah satunya memilki jangkauan yang luas penelitian ini merekomendasikan perusahaan mengenai perilaku konsumen juice dalam kemasan pada umumnya, mengetahui segmentasi konsumen juice, dan perilaku penonton televisi. Pembagian segmen berdasarkan tingkat kepentingan atribut-atribut yang menjadi perilku konsumen dengan menggunakan analisis kluster. Perusahaan harus mengetahui posisi segmentasi konsumen juice ABC dan perilaku menontonnya berdasarkan identitasnya dengan melakukan proses tabulasi silang dan analisis koresndensi. Perilaku menonton tersebut antara lain mencakup: waktu menonton yang sering, stasiun televisi yang sering ditonton, dan acara yang disenangi, dengan menggunakan uji Cochran, diuji apakah setiap responden memiliki kesamaan. Setelah mengetahui waktu, stasiun televisi dan acara yang disering ditonton oleh konsumen juice ABC, selanjutnya penulis menetapkan usulan strategi penayangan iklan yang mencakup: tujuan periklanan,waktu menonton, stasiun dan acara yang akan menjadi media dalam penyampaian pesan terhadap konsumen juice ABC, sedangkan untuk menyampaikan pesan iklan dilakukan metode direct rating . Hasil analisis menunjukkan bahwa segmen 2 yang harus dilayani oleh perusahaan dalam menayangkan iklannya. Segmen 2 memiliki karakteristik identitas, antara lain: pegawai swasta, usia 25-40 tahun, bertempat tinggal di Jakarta Utara, pengeluaran sebulan berkisar 1.501.000-3.000.000 perbulan. Perilaku penonton televisi segmen 2 cenderung menonton televisi pada pukul 16.00-18.00, 18.00-20.00, dan 20.00-22.00, serta acara yang disenangi adalah acara film, musik, berita, dan wawancara. Untuk stasiun televisi, setiap responden dari segala segmen memiliki kesamaan menonton stasiuN televisi Indosiar, RCTI dan SCTV. |