Anda belum login :: 25 Apr 2025 11:45 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluation of English EBTANAS Validity
Bibliografi
Author:
Srijono, Djoko
;
Sumardi, Muljanto
(Advisor)
Topik:
ENGLISH LANGUAGE TESTING
Bahasa:
(EN )
Penerbit:
Applied English Linguistics Program Graduate School Atma Jaya Catholic University of Indonesia
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2000
Jenis:
Theses - Master Thesis
Fulltext:
Djoko Srijono's Master Theses.pdf
(3.88MB;
22 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
T 30, T30
Non-tandon:
2 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Abstract
Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS) bahasa Inggris untuk siswa SMU di Indonesia telah diselenggarakan oleh Depdikbud khususnya Pusat Pengujian Balitbang Dikbud sejak tahun 1985. Apakah EBTANAS bahasa Inggris SMU benar-benar mengukur kompetensi komunikatif sesuai dengan prinsip-prinsip Pendekatan Komunikatif? Tesis ini mencoba mendeskripsikan sejauh mana EBTANAS bahasa Inggris mampu mengukur kompetensi komunikatif siswa SMU. Adapun tujuan utama dari studi ini adalah untuk membuat evaluasi (penaksiran) terhadap validitas isi EBTANAS bahasa Inggris untuk SMU dari sudut pandang kompetensi komunikatif.
Data penelitian ini berujud soal-soal EBTANAS bahasa Inggris untuk SMU sejak tahun 1995 sampai dengan 1999. Data tersebut diklasifikasi dan dianalisis berdasarkan komponen-komponen kompetensi komunikatif dan keterampilan dasar berkomunikasi. Berdasarkan analisis data, komposisi EBTANAS bahasa Inggris untuk siswa SMU terdiri dari 66,27% bagian mengukur kompetensi wacana siswa, 22% bagian mengetes kompetensi gramatika, 11,73% bagian mengukur kompetensi sosiolinguistik, dan sama sekali tidak ada soal yang mengukur kompetensi strategik. Ditinjau dari segi keterampilan berbahasa, EBTANAS bahasa Inggris untuk siswa SMU terdiri dari 49,87% bagian mengukur keterampilan membaca siswa, 0,73% bagian mengetes keterampilan menulis siswa, dan sama sekali tidak tedapat soal yang mengukur keterampilan berbicara dan menyimak siswa. Adapun 49,40% sisanya mengukur pengetahuan kebahasaan siswa.
Hasil studi ini menunjukkan bahwa validitas isi EBTANAS bahasa Inggris untuk siswa SMU adalah tinggi dalam mengetes kompetensi wacana dan gramatika, moderat dalam mengukur kompetensi sosiolinguistik siswa, tetapi rendah dalam mengetes kemampuan strategik. Disamping itu, validitas isi EBTANAS bahasa Inggris untuk siswa SMU adalah tinggi dalam mengukur keterampilan membaca siswa, tetapi rendah dalam mengetes keterampilan menulis, berbicara, dan menyimak siswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)