Anda belum login :: 17 Jul 2025 08:44 WIB
Detail
ArtikelA Fuzzy-Based MCDM Approach for Outsourcing Decision  
Oleh: Febransyah, Ade
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Dian Ekonomi) vol. 12 no. 1 (Mar. 2006), page 18-29.
Topik: outsourcing; multi criteria decision making (MCDM); analytic hierarchy process (AHP); fuzzy numbers
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ43.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelSalah satu keputusan dalam outsourcing yang sangat penting adalah pemilihan pemasok. Memilih pemasok pada prinsipnya merupakan problem pengambilan keputusan berkriteria jamak (multi criteria decision making) di mana pengambil keputusan akan memilih pemasok yang paling tepat dari sekumpulan kandidat pemasok dengan menggunakan sekumpulan kriteria yang ditentukan. Dalam mengevaluasi kandidat pemasok, umumnya diasumsikan pengambil keputusan dapat menentukan bobot secara akurat untuk setiap kriteria dan juga penilaian setiap kandidat terhadap kriteria tertentu. Namun, dalam praktiknya pengambil keputusan sering berhubungan dengan informasi yang tidak presisi yang berkaitan dengan kandidat pemasok. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menyampaikan suatu pendekatan yaitu a Fuzzy based MCDM approach dalam pemilihan pemasok. Dalam pendekatan ini, bilangan fuzzy digunakan ketika melakukan proses pairwise comparison-nya pendekatan analytic hierarchy process (ahp). Setelah semua fuzzy pairwise comparison selesai dilakukan, fuzzy local priorities yang merupakan bobot dari setiap kriteria dan juga nilai evaluasi setiap kandidat pemasok berdasarkan kriteria tertentu, dihitung berdasarkan prosedur AHP dan operasi arimetik untuk bilangan fuzzy. Akhirnya dengan mensintesakan prioritas lokal ini, prioritas global yang merupakan rangking dari pemasok dapat diperoleh.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)