Anda belum login :: 05 Jun 2025 03:07 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengajaran Berpikir : Suatu Konsep Pengembangan Proses Belajar Mengajar
Oleh:
Saepudin, Asep
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Teknodik vol. IX no. 17 (Des. 2005)
,
page 111.
Topik:
proses belajar mengajar
;
pengajaran berpikir
Fulltext:
JJ128.4 9(17) 1205 111-133c.pdf
(2.75MB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ128.4
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Kegiatan belajar mengajar merupakan proses interaksi antara pengajar (guru) dengan peserta didik (siswa) baik bersifat teacher centred (berpusat pada guru) maupun student centred (berpusat kepada siswa). Pengajaran berpikir (teaching of thinking) sebagai suatu konsep pengajaran yang bersifat student centred, menekankan bahwa proses belajar mengajar sebagai suatu proses pengembangan kemampuan berpikir, dengan menempatkan siswa sebagai subyek yang berada pada posisi yang lebih aktif dan kreatif. Dalam penerapannya, pengajaran berpikir lebih mengutamakan keterampilan berpikir pemecahan masalah dan analisis isu (problem solving and issues analisis). Sedangkan langkah-langkah pengajaran berpikir itu sendiri adalah sebagai berikut : exploration, expression, investigation, ide production, and evaluation / refinement.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)