Anda belum login :: 03 Jun 2025 09:08 WIB
Detail
ArtikelDimensi Autentisitas di Dalam Pembelajaran BIPA  
Oleh: Widharyanto, B. ; Lyna, Maria
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: Magister Scientiae no. 11 (Mar. 2002), page 1.
Topik: BIPA; gaya belajar; visual; auditorial; media pendidikan; kinestetik; autentisitas; pembelajaran
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM33.1
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelAutentisitas di dalam pembelajaran bahasa asing seperti BIPA merupakan aspek yang penting dan harus diperjuangkan. Autentisitas bukan hanya terkait dengan bahasa yang dipelajari oleh pembelajar, namun juga terkait dengan bahan-bahan yang dipersiapkan oleh pengajar dengan teknik pembelajaran, khususnya yang terlibat dalam tugas-tugas pembelajarannya, serta dengan bentuk-bentuk pengukuran keberhasilan pembelajaran BIPA. Makalah ini secara khusus akan mengupas ihwal autentisitas ini di dalam konteks : 1) bahasa yang diajarkan, 2) bahan-bahan pembelajaran bahasa Indnesia yang dipelajari pembelajar asing, 3) tugas-tugas pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas-kelas BIPA, dan 4) bentuk-bentuk tes BIPA yang diberikan pada para pembelajar. Dasar pemikiran yang digunakan dalam makalah ini adalah autentisitas bukanlah ebrsifat hitam dan putih atau autentik dan tidak autentik. Autentisitas dalam hal ini lebih dilihat sebagai suatu kontinum di mana bahasa, bahan pembelajaran, tuhas-tugas pembelajaran dan bentuk-bentuk tes BIPA selalu mengandung unsur-unsur yang alamiah. Makalah ini juga akan menyuarakan pandangan yang ditujukan kepada para pengajar BIPA, bahwa walaupun kelas bahasa adalah sautu bentuk rekayasa pembelajaran bahasa yang sifatnya tidak autentik, kelas bahasa perlu memaksimalkan sifat-sifat autentik yang terdaoat di dalam keempat komponen pembelajaran di atas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)