Anda belum login :: 06 Jun 2025 11:48 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pelaksanaan Kuliah Listrik Magnet dengan Pendekatan Pedagogical Content Knowledge dan Efektivitasnya
Oleh:
Budi, Fr. Y. Kartika
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi:
Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 15 no. 2 (Apr. 2005)
,
page 101-116.
Topik:
listrik
;
Persepsi
;
Pemahaman Materi Pembelajaran
;
Peningkatan
;
Pedagogical Content Knowledge
;
Pendekatan
;
Efektivitas
;
Efektivitas
;
Kemampuan dan Kesiapan Pembelajaran
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
WW32.3
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Perpustakaan PKPM
Nomor Panggil:
W77
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Pendekatan ‘Pedagogical Content Knowledge’ adalah pendekatan yang mengintegrasikan materi pembelajaran (content) dan aspek pembelajaran (pedagogy). Secara statislis penelitian mi ingin mengungkapkan apakah terjadi peningkatan pemahaman materi, kemampuan, dan kesiapan melakukanpembelajaranpada mahasiswa, dan secara deskript~fingin mengungkapkan sejauh mana efektivitaspendekatan tersebut. Ada tidaknya peningkatan ketiga hal tersebut diuji dengan perbedaan rerata skor tes dan kuesioner sebelum dan sesudah kuliah dilaksanaan, menggunakan hipotesis H~: p1= p, H,: ,u1>,u, menggunakan stat istik t = —~j- dengan tarafsignifikasi 5%sedangkan efektivitasnya ditetapkan berdasarkan kriteria yang mengacu pada kriteria penilaian. Sejauh yang sudah dilaksanakan, untuk kuliah Listrik Magnet pada materi pokok Listrik Dinamik, Medan Magnet, dan Induksi Elektmmagnet, (1) terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal perolehan skor tes pemahaman, kuesioner kemampuan dan kesiapan melakukan pembelajaran, (2) kurang efekiif dalam hal pemahaman materi (pencapaian nilai) secara kuantitatif sedangkan secara kuaIitatif efektif (3) efek baik dalam hal kemampuan dan kesiapan pembelajaran, (4)sangat efektif dalam hal persepsi mahasiswa secara umum maupun secara khusus bila dibandingkan dengan kuliah sebelumnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)