Keadaan persaingan yang semakin tajam dewasa ini menyebabkan pemasaran suatu produk memerlukan suatu citra merek yang khas. Setiap produk mempunyai citra merek tersendiri dan citra merek tidak melekat pada produk tersebut tetapi dalam benak konsumen. Ketika individu atau konsumen akan mengambil keputusan tentang merek produk yang hendak dibeli, ia akan melalui beberapa proses. Proses tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, baik secara internal maupun external. Secara internal persepsi yang dimiliki individu terhadap produk turut mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian yang dibuat individu tersebut (Kotler & Amstrong, 2001), salah satunya adalah pengambilan keputusan pembelian minuman teh dalam botol Teh Botol Sosro. Persepsi individu terhadap Teh Botol Sosro menjadi penting peranannya terutama karena persepsi akan melandasi sikap yang dibentuk individu terhadap produk tersebut (Wells, Burnett & Moriarty, 2003). Allison dan Uhl (dalam Foxall & Goldsmith, 1994) juga mengatakan bahwa konsumen cenderung menilai dan membedakan suatu produk melalui merek dan pada umumnya asosiasi konsumen akan mempengaruhi evaluasi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini merupakan penelitian non experimental atau dengan kata lain, tidak ada variabel yang dimanipulasi dalam penelitian ini. Secara lebih spesifik, penelitian ini merupakan penelitian korelasional, karena ingin melihat hubungan antara 2 variabel, yakni variabel citra merek dan pengambilan keputusan pembelian, citra merek diukur dengan Osgood?s Semantic Differential (Anastasi & Urbina, 1997), dan pengambilan keputusan pembelian diukur dengan skala yang dikonstruksikan sendiri oleh peneliti berdasarkan indikator pengambilan keputusan pembelian. Korelasi antara dua variabel dianalisa menggunakan tehnik korelasi Pearson?s Product Moment. Hasil penelitian menyimpulkan ada hubungan yang signifikan antara citra merek Teh Botol Sosro dengan pengambilan keputusan pembelian Teh Botol Sosro pada mahasiswa/I fakultas Ekonomi angkatan 2003 Universitas Katholik Atma Jaya Jakarta, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.619. Hal ini berarti semakin positif citra merek dimata mahasiswa/I terhadap minuman teh dalam botol Teh Botol Sosro, maka semakin tinggi pula sikap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa/I terhadap produk Teh Botol Sosro. |