Anda belum login :: 24 Apr 2025 07:15 WIB
Detail
BukuHubungan Antara Persepsi Terhadap Citra Merek Teh Botol Sosro Dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro
Bibliografi
Author: Ditha R.S., Maria ; Solihin, Andi Rizaldi (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2004    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FP-539
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Keadaan persaingan yang semakin tajam dewasa ini menyebabkan
pemasaran suatu produk memerlukan suatu citra merek yang khas. Setiap produk
mempunyai citra merek tersendiri dan citra merek tidak melekat pada produk
tersebut tetapi dalam benak konsumen. Ketika individu atau konsumen akan
mengambil keputusan tentang merek produk yang hendak dibeli, ia akan melalui
beberapa proses. Proses tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, baik secara internal
maupun external. Secara internal persepsi yang dimiliki individu terhadap produk
turut mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian yang dibuat individu
tersebut (Kotler & Amstrong, 2001), salah satunya adalah pengambilan keputusan
pembelian minuman teh dalam botol Teh Botol Sosro.
Persepsi individu terhadap Teh Botol Sosro menjadi penting peranannya
terutama karena persepsi akan melandasi sikap yang dibentuk individu terhadap
produk tersebut (Wells, Burnett & Moriarty, 2003). Allison dan Uhl (dalam Foxall
& Goldsmith, 1994) juga mengatakan bahwa konsumen cenderung menilai dan
membedakan suatu produk melalui merek dan pada umumnya asosiasi konsumen
akan mempengaruhi evaluasi konsumen dalam mengambil keputusan untuk
membeli suatu produk.
Penelitian ini merupakan penelitian non experimental atau dengan kata
lain, tidak ada variabel yang dimanipulasi dalam penelitian ini. Secara lebih
spesifik, penelitian ini merupakan penelitian korelasional, karena ingin melihat
hubungan antara 2 variabel, yakni variabel citra merek dan pengambilan
keputusan pembelian, citra merek diukur dengan Osgood?s Semantic Differential
(Anastasi & Urbina, 1997), dan pengambilan keputusan pembelian diukur dengan
skala yang dikonstruksikan sendiri oleh peneliti berdasarkan indikator
pengambilan keputusan pembelian. Korelasi antara dua variabel dianalisa
menggunakan tehnik korelasi Pearson?s Product Moment.
Hasil penelitian menyimpulkan ada hubungan yang signifikan antara citra
merek Teh Botol Sosro dengan pengambilan keputusan pembelian Teh Botol
Sosro pada mahasiswa/I fakultas Ekonomi angkatan 2003 Universitas Katholik
Atma Jaya Jakarta, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.619. Hal ini berarti
semakin positif citra merek dimata mahasiswa/I terhadap minuman teh dalam
botol Teh Botol Sosro, maka semakin tinggi pula sikap pengambilan keputusan
pembelian mahasiswa/I terhadap produk Teh Botol Sosro.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)