Anda belum login :: 26 Jul 2025 22:55 WIB
Detail
BukuStrategi Pemasaran Koran The Jakarta Post Dalam Menghadapi Persaingan Pada Indusri Media Cetak
Bibliografi
Author: Wirastadi, Antonius ; Udaya, Yusuf (Advisor)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Antonius Wirastadi's Master Theses.pdf (318.0KB; 40 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MM-309
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Perkembangan dunia dalam masa era informasi telah banyak
mempengaruhi lingkungan dunia usaha menjadi lebih dinamis dan serba
cepat. Kemajuan teknologi khususnya informasi telah mendorong industri
surat kabar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi harus
mencari format penyajian baru agar tidak sekedar mengulang pemberitaan di
televisi atau media elektronik pada umumnya. Sehingga tuntutan untuk
meningkatkan kualitas isi dan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi
yang ada menjadi penting. Selain jtu media cetak harus melengkapi dirinya
dengan data-base yang akan bisa menjadi sumber data bagi ulasan maupun
analisis atas suatu permasalahan yang sedang berkembang.
Sejalan dengan perkembangan diatas, adalah penting melakukan atau
mencari modifikasi-modifikasi dalam isi dan penyajian koran agar tetap
memikat pembaca yang kini mempunyai banyak alternatif pilihan untuk
mendapatkan informasi, diantaranya televisi maupun web-site.
Disamping itu, terjadi peningkatan pada belanja iklan dalam 5 tahun terakhir
(terlampir data media scene 2000-2001, hal. 43)
Dari data terlampir, akibat yang terjadi lebih lanjut adalah pergeseran media
utama iklan, dari iklan media cetak ke iklan media televisi sehingga
persaingan pangsa iklan media cetak menjadi sangat.ketat, ditambah lagi era
globalisasi, dimana banyak media asing akan memasuki pasar Indonesia.
Melihat masalah diatas, The Jakarta Post sebagai koran harian
berbahasa Inggris perlu mempersiapkan diri untuk menghadapinya melalui
pemilihan strategi pemasaran yang sesuai dengan budaya nasional dan
didukung oleh program-program yang jelas.
Penelitian ini menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh pada struktur
industri surat kabar dan persaingannya, karakteristik pasar, yang dilanjutkan
dengan analisis industri dan tahap I yaitu tahap Input digunakannya Eksternal Factors Evaluation (EFE) Matrik untuk melakukan evaluasi faktor eksternal
dan analisis lingkungan internal melalui Internal Factor Evaluation (IFE)
Matrik, kemudian tahap II adalah tahap pencocokkan yang menggunakan
TOWS matrik untuk mengimplementasikan EFE dan IFE.
Penentuan posisi koran The Jakarta Post di dalam pertumbuhan pasar dan
persaingannya menggunakan matrik Grand Strategy, selanjutnya pada tahap
III yaitu tahap keputusan digunakan Quantitative Strategic Planning Matrix
(QSPM) untuk memastikan strategj yang harus diambil. Tujuan dari
penggunaan matrik diatas adalah untuk mempertahankan keunggulan
bersaing dan tetap menjadi pilihan pembaca sebagai akibat kepuasan
pelanggan akan informasi yang disajikannya sehingga membawa dampak pada meningkatnya tiras/opJag maupun iklan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)