Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pemenuhan kebutuhan barang konsumsi sehari ? harinya yang disertai dengan berbagai macam perilaku konsumen, dan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis retail pasar swalayan pada saat ini, maka penulis yang bekerja di pasar swalayan Superindo ingin mengetahui faktor ? faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian barang di pasar swalayan pada umumnya dan pasar swalayan Superindo pada khususnya. Hal ini bertujuan agar dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat dan dapat menciptakan keunggulan bersaing ( competitive advantage ) pasar swalayan Superindo. Untuk itu dilakukan penelitian dengan membagikan kuesioner kepada pengunjung pasar swalayan Superindo di Jakarta ( Arion, Cinere, Kedoya dan Muara Karang ). Penelitian akan meneliti sejauh mana faktor strategi bauran pemasaran ( marketing mix ) yang terdiri dari 4 P ( Product, Price, Promotion, Place ), akan tetapi untuk industri jasa ( services industry ) seperti pasar swalayan ini terjadi penambahan 3 P lainnya ( People, Process, Physical Evidence ) yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian barang di pasar swalayan. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan analisa multivariat, dan untuk mempermudah pengolahan data tersebut, maka digunakan bantuan dengan menggunakan program SPSS ( statistic product & service solution ). Dari analisa tersebut maka dapat diketahui bahwa faktor Product, Price, Place, People, Process dan Physical Evidence berpengaruh terhadap keputusan pembelian barang di pasar swalayan Superindo, sedangkan faktor Promotion tidak berpengaruh secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian barang di Superindo. |