Komunikasi adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berada di tempat lain atau tempat yang jauh, manusia membutuhkan telepon. Saat ini hampir setiap orang menggunakan telepon genggam untuk berkomunikasi, Untuk itu perlu diketahui faktor -faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk membeli telepon genggam. Selain itu, perlu juga mengelompokkan tipe-tipe telepon genggam berdasarkan kesamaan karakteristiknya. Untuk mengetahui faktor -faktor yang mempe ngaruhi preferensi konsumen terhadap telepon genggam dilakukan penyebaran kuisioner. Kuisioner disusun berdasarkan empat dimensi mutu, yaitu bentuk, keandalan, kegunaan, dan pemeliharaan. Dari empat dimensi tersebut diperoleh delapan belas variabel. Setela h itu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terhadap hasil kuisioner. Dari delapan belas variabel yang didapat dilakukan analisis faktor untuk mereduksi faktor menjadi hanya beberapa faktor. Setelah itu, tipe-tipe telepon genggam dikelompokkan dengan menggunakan metode analisis kluster. Setelah dilakukan analisis faktor, diperoleh enam faktor utama yang masing-masing terdiri dari variabel-variabel yang mempengaruhi preferensi konsumen untuk membeli telepon genggam. Dan setelah melakukan analisis kluster, diperoleh empat segmen tipe telepon genggam, yang memiliki karakteristik berbeda antara satu segmen dengan segmen yang lain. |