PT Hyundai Mobil Indonesia selaku perusahaan otomotif baru yang mempunyai nama cukup besar tidak boleh lengah dalam memuaskan konsumennya, karena ini merupakan salah satu cara untuk mengangkat citra perusahaan. Untuk itu PT. Hyundai Mobil Indonesia melakukan riset dengan tujuan mengetahui pandangan konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Showroom-nya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model dimensi kualitas pelayanan, yaitu :Tangibels, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Penelitian dilakukan secara sampel dari konsumen Hyundai, khususnya pemilik type : ATOZ, ACCENT, TRAJET dan MATRIX. Dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen PT. Hyundai Mobil Indonesia di Showroom arteri Pondok Indah, yang pengisiannya dipandu secara In-Depth Interview. Responden yang terkumpul sebanyak 126 orang. Dan pengolahan datanya dilakukan dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas,Crosstab Test, Customer Satisfaction Performance dan Correspondence Analysis. Hasil penelitian menunjukan : Setiap produk Hyundai mempunyai target market berbeda yang dipengaruhi oleh karakteristik konsumen. Dan perusahaan telah cukup efektif dalam memuaskan pelanggannya, karena secara keseluruhan konsumen menilai Faktor pelayanan yang diberikan oleh Showroom PT Hyundai Mobil Indonesia sudah baik, hanya saja ada beberapa Faktor pelayanan yang belum memenuhi kepuasan konsumen, yaitu : Kemudahan memperoleh brosur dan Ketepatan waktu proses pengiriman. Terdapat sejumlah konsumen yang berniat untuk merekomendasikan Hyundai kepada relasinya. Selain itu, juga dapat dilihat bahwa Konsumen mempunyai alasan ? alasan yang berbeda dalam membeli mobilnya berdasarkan type Hyundai yang mereka gunakan. Disarankan agar PT. Hyundai Mobil Indonesia terus menerus mengevaluasi pelayanannya untuk dapat terus memperbaiki kinerjanya, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya. |