Kecemasan sosial adalah ketakutan akan situasi sosial dan interaksi dengan orang lain yang secara otomatis dapat membangkitkan perasaan mawas diri, penghakiman, penilaian, dan rendah diri. Atau, kecemasan sosial adalah ketakutan dan kecemasan dihakimi dan dievaluasi secara negatif oleh orang lain, yang mengarah pada perasaan inadekuat, malu diri, merasa bodoh, dan depresi (Richards, 2001). Menurut hasil penelitian Greca & Lopez (1998) kecemasan sosial ini berbeda antara remaja putri dengan remaja putra. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan tingkat kecemasan sosial antara remaja putri dengan remaja putra. Seberapa besar perbedaan nilai rata-rata antara remaja putri dengan remaja putra dalam hal tingkat kecemasan sosial juga dalam setiap subskala, Fear of Negative Evaluation, Social Anxiety Disoder-New, Social Anxiety Disorder-General. Sebuah skala kecemasan sosial pada remaja bernama Social Anxiety Scale for Adolescents (SAS-A) yang dibuat oleh Greca & Stone (1993) digunakan pada penelitian ini. Dengan diterjemahkan kemudian diterjemahkan kembali (translate-back translate), perubahan -perubahan redaksional yang dirasa perlu juga dilakukan agar maksud dan tujuan skala dapat tercapai. Melalui hasil uji coba alat ukur , maka diperoleh 11 item untuk skala kecemasan sosial pada remaja yang dapat digunakan. Nilai reliabilitasnya adalah 0,8304. Sampel uji coba terdiri dari 39 responden dan untuk penelitian sebanyak 60 orang responden (30 remaja putri dan 30 remaja putra). Sampel penelitian diperoleh dengan accidental sampling technique. Analisis statistik menggunakan rumus t-test untuk menguji perbedaan antara remaja putri dengan remaja put ra dalam hal tingkat kecemasan sosial. Kemudian untuk melengkapi diadakan analisa tambahan pada setiap subskala pada skala kecemasan sosial pada remaja. Hasil yang diperoleh adalah ada perbedaan yang signifikan antara remaja putri dengan remaja putra pada tingkat kecemasan sosial sebesar 5,333 dari nilai rata-rata. Demikian pula dengan subskala FNE (Fear of Negative Evaluation), SAD-New (Social Anxiety Disorder-New), dan SAD-General (Social Anxiety Disorder-General), didapati perbedaan yang signifikan melalui perbandingan nilai rata-rata (compare mean). Peneliti menyarankan menggunakan penelitian yang lebih mendalam seperti saran Greca & Lopez (1998) dalam penelitiannya, dimana penelitian mengenai tingkat kecemasan sosial dikaitkan dengan hubungan persahabatan dengan teman sebaya. Teori -teori lain seperti Ingersoll (1989) juga menekankan pentingnya persahabatan bagi remaja dalam memenuhi tugas perkembangan dan pengaruhnya terhadap kecemasan sosial. |