Dalam usaha untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus dapat menetapkan strategi pemasaran yang tepat. Konsumen harus menjadi fokus sentral dari kehidupan perusahaan, dan tugas penting pemasaran adalah memahami perilaku konsumen dalam melakukan pembelian. Untuk industri barang-barang konsumsi terutama barang/produk sehari-hari yang sejalan dengan aktivitas manusia maka kebutuhan konsumsi manusia semakin bervariasi. Kebutuhan manusia akan makanan merupakan kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Minyak goreng sebagai salah satu bahan makanan pokok yang dikonsumsi banyak digunakan dalam menyiapkan makanan sehari-hari, baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri makanan di seluruh negeri. Dengan adanya berbagai jenis maupun merek minyak goreng di pasar maka konsumen dapat memilih dan membeli sesuai dengan selera dan pertimbangannya masing-masing. Salah satu elemen yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk adalah persepsi. Persepsi konsumen tersebut akan membentuk pandanganpandangan tertentu atas suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen atas minyak goreng Bimoli yang ditinjau dari komponen 4P bauran pemasaran (yaitu product, price, place, promotion). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, karena metode riset ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat diterapkan pada berbagai macam masalah. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan tabel distribusi dan nilai rata-rata hitung (mean) untuk pembuatan peta persepsi. Dari penyebaran kuesioner yang dilakukan dapat diketahui bahwa pada umumnya responden yang diteliti memiliki persepsi yang positif atas bauran pemasaran minyak goreng Bimoli. |