Industri ban kini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan perkembangan otomotif dan berbagai ragam tipe kendaraan, penggunaan ban menjadi bagian penting yang tak terelakkan. Pasar ban di Indonesia hanya menyerap sekitar 10 juta ban pertahun, sedangkan ban GT RADIAL menyediakan sekitar 12%. Dengan peranannya yang cukup kecil penulis tertarik untuk menganalisis persepsi konsumen terhadap ban yang dihasilkan PT Gadjah Tunggal Tbk. Untuk mendapatkan data dari konsumen sasaran, yaitu dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 50 pemilik kendaraan yang menggunakan ban produksi PT Gadjah Tunggal Tbk, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Chi-Square dan analisa regresi. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata berdasarkan analisis regresi peubah jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan jenis kendaraan tidak berpengaruh terhadap nilai pembelian. Hanya tingkat kepuasan yang berpengaruh terhadap nilai pembelian. Disarankan agar perusahaan dapat menjaga kualitas,mempertahankan harga dan menggiatkan promosi. |