Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan mengumpulkan data primer dari klien BSC langsung berupa pengisian daftar pertanyaan (kuesioner). Daftar pertanyaan itu berisi tentang persepsi klien tentang kinerja (kualitas) jasa BSC secara keseluruhan yang mereka rasakan dan terima selama menjadi klien BSC. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian terhadap tigabelas perusahaan klien BSC dan tigapuluh tiga responden adalah sebagai berikut : 1. Urutan tingkat kepentingan klien yang pertama faktor keandalan dan selanjutnya faktor daya tanggap, jaminan, empati dan yang terakhir adalah faktor penampilan. 2. Dari tingkat Indeks Kepuasan dapat diketahui bahwa klien menyatakan puas atas kinerja BSC selama ini 3. Dari tingkat Indeks Harapan menyatakan bahwa klien masih mengharapkan kepuasan yang tinggi dari BSC. 4. Dari Indeks Kepuasan Klien (IKK) yang merupakan gabungan dari Indeks Kepuasan dan Indeks Harapan, dihasilkan angka indeks yang dapat digolongkan kepada interval sangat puas. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan klien sudah terpuaskan, tetapi tetap terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang menurut analisis Diagram Kartesius terletak pada prioritas utama yang harus diperhatikan yaitu kecepatan menyelesaikan masalah, kesesuaian dengan janji, dan pengetahuan dengan proyek. |