Persepsi konsumen bagi sebuah perusahaan yang sedang berada didalam situasi persaingan adalah sangat penting dimana dari persepsi akan dapat ditentukan berhasil tidaknya perusahaan itu dan bagaimana cara-cara untuk dapat bertahan dimasa yang akan datang. Hal ini menunjukkan apabila persepsi konsumen terhadap perusahaan itu baik, maka kemungkinan besar konsumen akan melakukan pembelian ulang, sebaliknya jika persepsi konsumen menunjukkan tidak baik, maka konsumen tidak akan melakukan pembelian ulang. Untuk melakukan pengumpulan data, penulis membagikan kuisioner kepada para konsumen keju Qeju yang paling mudah ditemui, kemudian data tersebut diolah dan dianalisa lewat penelitian perpustakaan dengan membaca buku-buku literatur ilmiah, catatan kuliah dan dari bahan-bahan bacaan lainnya. Dalam hal ini ada beberapa hal yang dijadikan tolak ukur penelitian yaitu untuk mengetahui sejauh mana kualitas yang telah diberikan oleh produk keju Qeju kepada para konsumennya dan perbaikan apa saja yang perlu keju Qeju lakukan agar dapat terus bertahan dalam persaingan dengan produsen keju lainnya yang berada di Indonesia. Dengan menggunakan metode analisis Chi-Square, hasil menunjukkan bahwa berdasarkan analisis dari tingkat rangsangan dari para responden yang telah diteliti, diketahui bahwa dari variabel-variabel yang diteliti bisa diketahui kualitas dari produk, rasa dari produk, harga produk, warna produk, kemasan dari produk keju, promosi keju dan kemudahan untuk memperoleh produk keju. Variabel yang perlu mendapatkan perhatian adalah kualitas produk yang masih dianggap kurang, promosi produk yang masih kurang, dan kemudahan untuk memperoleh produk yang masih dianggap kurang. Sedangkan variabel yang lain sudah dianggap baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka persepsi konsumen terhadap produk keju Qeju adalah baik. |