Semakin ketatnya persaingan dalam dunia usaha memaksa perusahaan untuk beroperasi seefektif dan seefisien mungkin guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai faktor yang ada pengaruhnya dengan usaha memperoleh laba seperti efektivitas dan efisiensi perusahaan, biaya produksi, volume produksi, volume penjualan, serta harga jual. Salah satu alat perencanaan laba adalah analisa CVP. Dalam skripsi ini digunakan rancangan penelitian metode prediktif atau dikenal juga dengan istilah studi peramalan (forecast study ), yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai data biaya dan penjualan sebagai dasar untuk melakukan analisa CVP dalam perencanaan laba perusahaan. Hasil penelitian ini di antaranya adalah bahwa perusahaan telah melakukan sedikit kekeliruan dalam mengklasifikasikan biaya yang terjadi sehingga mempengaruhi perhitungan analisa CVP. Penulis telah melakukan reklasifikasi biaya dan telah melakukan perhitungan ulang atas analisa CVP tersebut. |