Dalam menghadapi persaingan global setiap perusahaan berlomba-lomba untuk tetap dapat bertahan dalam kondisi persaingan yang ketat, oleh karena itu perusahaan harus dapat menciptakan strategistrategi dalam mengembangkan perusahaan dan berusaha supaya produk yang dihasilkan dapat diterima masyarakat. Strategi pemasaran merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mengenalkan serta memasarkan produk kepada masyarakat. Dalam memasarkan produknya, perusahaan seharusnya bertindak secara aktif untuk mencari cara agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan perusahaan. Untuk itu kesolidaritasan dalam organisasi perlu dijunjung tinggi, karena mereka harus dapat merancang, merencanakan, dan melaksanakan strategi pemasaran sesuai dengan tujuan perusahaan. Dengan demikian perusahaan dapat melihat keberadaan produk di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana keberhasilan penerapan strategi marketing mix , langkah-langkah dalm menghadapi persaingan, serta strategi pemasaran perusahaan. Teknik pengolahan analisa data yang digunakan adalah bersifat deskriptif denagn metode kualitatif untuk menggambarkan situasi. Dalam menganalisa penelitian ini, penulis melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan dengan menggunakan Analisa SWOT, yaitu analisia yang dilakukan dengan melihat faktor internal perusahaan yaitu kekuatan dan kelemahan, serta faktor eksternal perusahaan yaitu peluang dan ancaman yang berhubungan dengan strategi pemasaran yang dijalankan. Setelah melakukan anlisis SWOT, penulis juga menganalisa faktor internal dan eksternal init dengan menggunakan matrik SWOT. Dengan matrik SWOT dapat menggambarkan secara jelas peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan dengan disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa strategi pemasaran PT.Goodyear Indonesia Tbk. dalam memasarkan produk ban mobil sudah cukup baik dan perlu dipertahankan serta di tingkatkan lagi dalam menghadapi persaingan global dengan melakukan evaluasi strategi pemasaran secara berkesinambungan dan perusahaan harus dapat lebih agresif dalam kegiatan promosi. |