Anda belum login :: 04 Jun 2025 12:55 WIB
Detail
BukuTinjauan Pelaksanaan Marketing Public Relations di RS INTERNASIONAL BINTARO dalam Meningkatkan Corporate Image
Bibliografi
Author: Kartikawangi, Dorien (Advisor); Debora, Masae
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2003    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Masae Debora's Undergraduated Theses.pdf (345.0KB; 62 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1068
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Saat ini marketing public relations (MPR) memiliki peranan penting dalam
bidang pemasaran, terutama dalam mencapai tujuan corporate PR karena
komunikasi yang efektif yang digunakan dapat meningkatkan reputasi perusahaan.
Dan reputasi perusahaan yang baik tersebut dapat memberikan persepsi
konsumen yang positif terhadap produk dan atau jasa yang dihasilkan oleh
perusahaan yang bersangkutan.
Saat ini di Indonesia mulai banyak muncul rumah sakit (RS) swasta yang
saham mayoritasnya dimiliki oleh pihak asing. Hal ini mendorong pengelola RS
swasta untuk menciptakan strategi yang memampukannya untuk bersaing dengan
RS swasta lainnya, sehingga dapat menarik minat dari para konsumen agar mau
menggunakan jasa/ produk yang disediakan oleh RS.
Sebagai RS swasta baru, Rumah Sakit Internasional Bintaro (RSIB)
menerapkan Marketing Public Relations (MPR) sebagai salah satu strategi
pemasarannya, untuk menarik konsumennya. Diharapkan melalui MPR, RSIB
dapat meningkatkan corporate image yang positif di mata konsumennya, yang
pada akhirnya akan menarik para konsumen untuk menggunakan produk dan atau
jasa yang disediakan oleh RSIB.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
strategi MPR di RSIB dalam meningkatkan corporate image-nya, serta untuk
mengetahui efektifitas penerapan strategi tersebut. Peningkatan corporate image
ditentukan oleh efektifitas penerapan strategi MPR, yang dipengaruhi oleh
persepsi konsumen terhadap penerapan strategi MPR dan terhadap fasilitas
pelayanan yang disediakan oleh RSIB. Dengan alasan tersebut, penulis
menyebarkan kuesioner secara acak dengan menggunakan teknik accidental
sampling, serta melakukan wawancara dengan beberapa responden yang
bersedia dan dengan pihak RSIB yang diwakili oleh divisi marketing-nya.
Adapun hasil dari penelitian ini secara garis besar menunjukkan bahwa
pelaksanaan strategi MPR di RS Internasional Bintaro dalam meningkatkan
corporate image belum efektif (dilihat dari biaya yang dikeluarkan untuk
menerapkan MPR dan perubahan sikap konsumen), karena diketahui bahwa
dalam kasus ini peningkatan corporate image lebih banyak disebabkan oleh
kepuasan konsumen terhadap fasilitas pelayanan RSIB dan bukan karena strategi
MPR yang diterapkan oleh RS Internasional Bintaro selama ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)