Keberhasilan aktivitas pemasaran sangat menentukan keberhasilan perusahaan. Usaha perhotelan sebagai salah satu industri pariwisata juga tidak terlepas dari problem tantangan dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat. MPR sebagai suatu strategi dapat dimanfaatkan oleh perusahaan di bidang pemasaran untuk menginformasikan serta mengkomunikasikan produk dan jasa pelayanan sesuai dengan kebutuhan , keinginan serta harapan konsumen untuk mempertahankan dan meningkatkan konsumen. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan strategi MPR pada Hotel Bumi Karsa Bidakara yang dilihat berdasarkan aktivitas pemasaran dan public relations perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan konsumen. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menggambarkan situasi dan kondisi secara jelas, utuh dan sebagaimana adanya. Data yang diperoleh dikelompokkan, dilakukan identifikasi dan dianalisa dengan menggunakan metode analisis SWOT, yaitu menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang bertujuan untuk menyusun strategi – strategi jangka panjang sehingga arah dan tujuan perusahaan dapat dicapai dengan jelas dan dapat segera diambil keputusan, berikut perubahannya dalam menghadapi pesaing. Dengan menerapkan strategi MPR diharapkan perusahaan dapat menemukan pemecahan atas tantangan yang dihadapi serta memperoleh hasil yang maksimal dari keseluruhan aktifitas pemasaran yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, diketahui bahwa pihak MPR melakukan berbagai macam upaya seperti meningkatkan promosi melalui berbagai macam media seperti koran, radio, televisi untuk memperkenalkan produk dan jasa yang ditawarkaan hotel kepada konsumen. MPR juga melakukan komunikasi timbal balik dengan konsumen untuk membina hubungan baik secara langsung dengan sentuhan pribadi (personnal touch). Melalui hubungan ini, pihak hotel dapat secara langsung mengetahui kebutuhan, keinginan, harapan serta keluhan – keluhan konsumen terhadap hotel. Upaya lain yang dilakukan adalah mengadakan event – event seperti cocktail party tiap bulannya, kursus memasak selama sehari, Dine Dance and Sing Night (DDS) setiap hari jumat dan sabtu, dll. serta memberikan berbagai macam paket khusus dengan harga lebih murah dari biasanya seperti paket akhir pecan (weekend package), paket Arabian Wedding Style dan paket pesta anak yang ingin merayakan ulang tahun. Upaya – upaya yang dilakukan oleh pihak MPR dapat dikatakan selalu berhasil. Hal ini dapat dilihat dari tingkat hunian hotel yang selalu meningkat tiap tahunnya. Diketahui tingkat hunian hotel pada tahun 2000 adalah 60,54 % ; mengalami kenaikan pada tahun 2001 yaitu menjadi 65,10 % dan pada tahun 2002 naik lagi menjadi 71,65 %. Ini berarti bahwa strategi MPR Hotel Bumi Karsa Bidakara dalam mempertahankan dan meningkatkan konsumennya selama ini sangat sukses. |