Sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang pesat, kebutuhan akan air minum yang bersih dan sehat mutlak dipenuhi oleh setiap orang. Pembahasan skripsi ini didasarkan pada penelitian bagaimana persepsi konsumen terhadap air minum dalam kemasan merek “AQUA”. Persepsi konsumen penting agar produsen AQUA dapat memberikan yang terbaik sehingga konsumen dapat dipertahankan. Dan juga untuk mengetahui faktor – faktor mana yang harus diprioritaskan, dipertahankan, ditingkatkan dan dikurangi. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif dan melakukan riset lapangan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang berada di wilayah Jakarta Pusat. Dari 100 orang responden yang diteliti berdasarkan profil responden diperoleh hasil bahwa konsumen AQUA sebagian besar adalah wanita, jumlah orang ( dalam keluarga ) yang mengkonsumsi adalah 3 – 5 orang, frekuensi pembelian produk AQUA per bulan adalah lebih dari 10 kali dan kuantitas yang dibeli setiap kali order atau pembelian adalah kurang dari 3 gallon. Persepsi konsumen mengenai kualitas rasa, kebersihan, image, kemudahan memperoleh produk merupakan hal – hal yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk AQUA, dan tingkat realisasinya dirasakan sudah sangat memuaskan sehingga perlu dipertahankan oleh perusahaan. Sedangkan persepsi konsumen mengenai kualitas warna, kesesuaian harga dengan kualitas, iklan atau promosi dan kemasan merupakan faktor faktor yang kurang begitu penting sehingga tidak begitu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, tetapi perusahaan tetap memperhatikan kualitas pelaksanaannya. Secara keseluruhan, AQUA sudah memenuhi keinginan konsumen namun AQUA harus terus meningkatkan dan mempertahankan kualitasnya yang sudah baik, pelayanannya serta memperluas saluran distribusinya sehingga konsumenpun merasa puas. |