Secara umum, materi pembahasan skripsi ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan penulis terhadap tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan pelayanan yang diberikan oleh Hypermarket Carrefour, yang didasarkan pada perilaku konsumen yang berbeda-beda dalam mencoba untuk memuaskan kebutuhannya itu. Pemasar harus jeli dalam melihat perilaku konsumen yang berbeda-beda tersebut sehingga pemasar dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan masing-masing konsumen dengan baik. Bagi perusahaan, penulis berharap bahwa penelitian ini dapat member masukan agar perusahaan mengetahui sampai sejauh mana konsumen merasa puas sehingga perusahaan dapat mengetahui langkah-langkah penting apa yang harus diambil untuk mempertahankan kepuasan dari konsumennya dan strategi apa yang dapat diambil untuk lebih memajukan perusahaannya. Yang menjadi objek penelitian penulis adalah konsumen wanita yang berbelanja ke Hypermarket Carrefour cabang Pasar Festival, Kuningan, Jakarta Selatan. Penulis melakukan penelitian dengan jalan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden wanita yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh dari kuesioner tersebut diolah dengan menggunakan skala evaluasi, dengan menghitung nilai rata-rata dan nilai rata-rata total dari masing-masing variable untuk mendapat rata-rata kepuasan konsumen. Dari hasil yang telah diproyeksikan ke dalam tabel-tabel, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar konsumen merasa puas terhadap atribut-atribut yang ada di Hypermarket Carrefour. Sebagian besar responden berpendapat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan oleh Hypermarket Carrefour sudah cukup baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaharui karena dianggap kurang baik oleh konsumen. Hal ini dapat dilihat dari analisis BAB IV pada hasil penelitian atribut-atribut yang terdapat di Hypermarket Carrefour, yang menunjukkan rata-rata Overall Mean Score, dimana urutan terakhir adalah kecepatan pelayanan, diikuti oleh kasir yang cekatan dan teliti. Penulis mencoba memberikan saran yang perlu dikembangkan oleh Hypermarket Carrefour, yaitu perlu dilakukannya pelatihan kembali secara rutin setiap tahunnya agar kualitas pelayanannya dapat ditingkatkan. |