Di Jakarta ada beberapa merk kamera format 35mm, yaitu : Nikon, Canon, Minolta, Pentax, Leica, dll. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen dalam membeli produk kamera Nikon dan untuk mengetahui posisi merk kamera Nikon diantara merk kamera format 35mm lainnya. Teori yang menjadi landasan utama penelitian ini adalah teori pemasaran, yang kemudian difokuskan kepada teori-teori : bauran pemasaran, perilaku konsumen, dan kepuasan konsumen. Dalam menganalisa penelitian, digunakan tehnik analisa data ANOVA dengan bantuan program SPSS for Windows versi 11.0. Data yang dianalisa dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner terhadap 100 orang responden di wilayah Jakarta Selatan pada bulan Mei samapi deengan Juli 2002. Hasil penelitian terhadap keputusan pembelian dan penilaian terhadap atribut produk sebuah kamera yang dipandang dari sudut loyalitas konsumen dan identitas kepemilikan kamera menunjukkan bahwa : loyalitas konsumen terhadap suatu merk kamera tertentu tidak berpengaruh kepada keputusan pembelian dan penilaian terhadap atribut produk sebuah kamera, karena nilai signifikan loyalitas konsumen adalah 0,524 yang lebih besar dari 0,05. Sedangkan identitas kepemilikan kamera berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan penilaian terhadap atribut produk sebuah kamera, karena nilai signifikan identitas kepemilikan kamera adalah 0,011 yang lebih kecil dari 0,05. Disarankan kepada Nikon Group agar mentargetkan orangtua sebagai pemakai akhir dari kamera Nikon format 35mm, karena presentase responden yang memakai kamera orangtuannya merupakan presentase terbesar kedua setelah presentase responden yang mempunyai kamera sendiri. |