PT Panca Lima adalah salah satu produsen kartu domino dan telah bergerak di bidang kartu domino serta cukup terkenal di Indonesia dengan produk Kalong, Kalong Dunia. Namun untuk bertahan dalam tingkat persaingan yang kompleks ini maka tak terkecuali PT Panca Lima juga harus menganalisa kinerja produk mereka. Berdasarkan hal ini, maka penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana persepsi konsumen terhadap kartu domino Kalong, apa faktor-faktor yang mempengaruhinya serta masalah-masalah apa yang dihadapi PT Panca Lima sehubungan dengan persepsi tersebut. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan penulis telah menyebarkan kuesioner kepada 30 orang responden yang dipilih secara kebetulan. Setelah data dikumpulkan dan dianalisa dengan metode rata-rata (overall mean score), maka diperoleh adanya empat faktor yang mepengaruhi persepsi konsumen yaitu masalah harga, customer service, kualitas produk dan daya pakai produk yang lebih kuat dan tahan lama. Dan dihasilkan beberapa saran yang dapat berguna bagi perusahaan seperti mempertahankan kualitas produk, meningkatkan promosi dan melakukan sedikit modifikasi pada bentuk/warna kemasan. |