Salah satu strategi untuk memenangkan persaingan dalam usaha adalah menganut kepuasan pelanggan / customer satisfaction yaitu perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesan terhadap kinerja dan harapannya. Kepuasan konsumen memegang peranan yang sangat penting bagi perkembangan perusahaan, terutama karena semakin ketatnya persaingan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen agar R.S. Sint Carolus terutama unit URJSU dapat meningkatkan pelayanannya. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif yang dianggap tepat dalam menyelidiki setiap variable yang ada. Penelitian dilakukan berdasarkan 5 dimensi jasa dengan sample sebanyak 50 responden dengan memberikan pertanyaanpertayaan yang berhubungan dengan pelayanan dari R.S. Sint Carolus. Hasil kuesioner atau pertanyaan kemudian diolah dengan menggunakan analisa tingkat kepentingan dan kinerja / kepuasan pelanggan, dimana diperoleh nilai rata-rata dari kinerja keseluruhan ( X ) 4,007 dan nilai rata-rata tingkat harapan responden ( Y ) 4,23 serta rata-rata tingkat kesesuaian ( Tki ) yang diperoleh sebesar 94,68 persen Dari hasil perhitungan kemudian digambarkan diagram kartesius, yaitu suatu bangun yang terbagi atas 4 bagian kuadran. Hasil analisis menunjukan bahwa R.S Sint Carolus unit URJSU telah memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pasiennya, hal ini dapat dilihat dari hasil hipoteisis yang menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan antara pelaksanaan pelayanan yang diharapkan dengan kinerja sesungguhnya. |