Kepuasan kerja pegawai dengan tingkat yang tinggi akan mendorong produktivitas para pegawai di Bank Indonesia. Dalam penelitian ini, produltivitas kerja para pegawai di Bank Indonesia adalah hal yang sangat penting. Sebab produktivitas yang sangat tinggi akan meningkatkan kecepatan dalam penyelesaian tugas-tugas di kantor dengan hasil di atas rata-rata standart. Untuk dapat mengukur produktivitas tersebut maka faktor yang sangat berpengaruh adalah kepuasan kerja para pegawai sendiri. Dari uraian di atas, penelitian ini ingin melihat seberapa besar kepuasan kerja yang ada pada setiap pagawai di Bank Indonesia, dan selain itu juga ingin mengetahui apakah kepuasan kerja tersebut mempengaruhi peningkatan produktivitas kerja pegawai. penelitian ini menggunakan metode "Deskriptif Analisis" yang mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat sera tata cara yang berlaku dalam masyarakat, serta situasi-situasi tertentu termasuk hubungan kegiatan-kegiatan, sikap-sikap dan pandangan serta pros es yang sedang berlangsung. Alat yang dipakai untuk meneliti adalah kuesioner yang disebarkan ke sejumlah responden untuk diisi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan 3 (tiga) analisa yaitu : Analisa Deskriptif, Analisa Korelasi, dan Analisa Regresi. Melalui analisa ini dapat dilihat pengaruh variable terhadap satu atau lebih variable tidak bebas. Penelitian di Bank Indonesia menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu walaupun pengaruh tersebut tergolong rendah, dimana tingkat hubungan korelasinya adalah hanya sebesar 0.306, akan tetapi pada umunya para pegawai agak puas terhadap tugas pekerjaannya, prestasi yang dicapainya, otonomi/wewenag yang didapatnya, kesempatan untuk berkembang, kemajuan dalam jabatan, kemajuan dalam pangkat, pengkauan kelompok dalam kemampuan kerjanya, reputasi nama baik perusahaan, sistem/cara kerja perusahaan, prestasi kerja yang telah dicapai dalam kelompiak kerjanya, hungan antara rekan sekerja, hubungan ddengan atasan langsung, cara perusahaan menerapkan peraturan, kondisi li ngkungan kerjanya, jaminan sosial yang diberikan, kepastian kerja yang diberikan untuk masa depan, dan gaji yang diperolehnya. Semua tingkay kepuasan tersebut dapat dilihat dalam data instrumen hasil jawaban kepuasan kerja. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada umumnya pegawai di Bank Indonesia memiliki tingkat kepuasan yang agaaj tinggi. Demikian sekiranya penelitian yang sederhana ini dibuat untuk dapay diterima dan dimengerti oleh banyak pihakm selainitu juga dapat digunakan oleh pihak yang membutuhkan untuk dijadikan bahan acuannya. Saya sebagai penulis atau peneliti mengucapkan banyak terima kasih. |