Keadaan ekonomi dan tingginya tingkat persaingan menyebabkan perusahaan berusaha agar dapat bertahan. Strategi diperlukan agar proses pemasaran mengarah pada usaha tercapainya tujuan perusahaan, yaitu mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. PT. Daya Kreasi Advertindo adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang promosi dan periklanan. Untuk menghadapi persaingan dan meningkatkan penjualan maka PT. Daya Kreasi melakukan diversifikasi usaha, yaitu pemasaran dengan mengambil alih bisnis diluar produk yang sudah ada, yaitu yang dahulu berspesialisasi pada media cetak, kini berkembang ke media elektronik, media luar ruang, dan sebagai event organizer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi diversifikasi usaha yang dilakukan biro iklan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui analisa SWOT dan BCG. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa PT. Daya Kreasi cukup baik dalam menj alankan diversifikasi usaha. Hal ini terbuksti dengan semakin meningkatnya tingkat omzet atau pendapatkan perusahaan. Media cetak merupakan media yang paling dominan dalam memberikan pemasukan. Selanjutnya adalah medua elektronik, media luar ruang, dan event organizer. Berdasarkan hasil analisa terhadap diversifikasi usaha pada PT. Daya Kreasi, maka penulis menyarankan agar PT. Daya Kreasi berusaha memperbaiki kekurangannya yang ada agar dapat meningkatkan tingkat pendapatan dan lebih profesional dalam memberikan pelayanan sebagai Event Organizer. |