PT ALFA Mitramart Utama merupakan Perseroan yang bergerak dalam bidang perdagangan barang dan jasa dalam negeri dan ekspor. Perseroan mengoperasikan pasar swalayan baik dengan cara dikembangkan sendiri maupun dengan cara waralaba dengan menggunakan nama Alfa Minimart. Penelitian dilakukan untuk menilai kelayakan dari pendirian usaha mini market ALFA dengan sistem waralaba. Lokasi dari mini market ALFA yang diteliti berada di daerah Sawahlio-Jembatan Lima, Jakarta Barat. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan penulis adalah payback period selama 3 ( tiga ) tahun, nilai NPV sebesar Rp 25,549,171,-, nilai IRR sebesar 24.85% ( dua puluh empat koma delapan puluh lima persen ), dan nilai PI sebesar 1.07 ( satu koma nol tujuh ). Peneliti juga melakukan analisis sentivitas. Hasil dari analisis sensitivitas menunjukkan bahwa penurunan dalam penjualan per hari ( sales per day = SPD ) sebesar 10% ( sepuluh persen ) dan juga perubahan dalam persentase COC menjadi 20% ( dua puluh persen ) menunjukkan bahwa proyek tersebut masih layak untuk dijalankan. Sedangkan penurunan dalam variabel pendapatan lain-lain memberikan dampak yang sangat signifikan, proyek menjadi tidak layak untuk dijalankan. Selain itu, variabel pendapatan lain-lain adalah variabel yang paling sensitive atau memberikan pengaruh paling besar terhadap penilaian kelayakan suatu proyek. Variabel kedua yang dinilai cukup sensitive juga adalah COC. |