Latar belakang pemilihan judul skripsi ini adalah karena timbulnya kesadaran akan pentingnya kegiatan promosi, khususnya kegiatan periklanan dan promosi penjualan sebagai bagian dari fungsi pemasaran untuk menarik pelanggan. Metode penelitian yang digunakan di sini adalah membuat hipotesa dengan menggunakan 2 (dua) buah variabel independen dan 1 (satu) buah variabel dependen. Data-data yang digunakan sebagai bahan penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 106 orang responden. Berdasarkan data tersebut, dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, untuk kemudian dilakukan pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu analisa korelasi serta analisa regresi normalitas dan multikolinieritas. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa kegiatan periklanan dan promosi penjualan memiliki pengaruh yang lemah terhadap keinginan untuk bertransaksi di bank. Timbulnya keinginan untuk bertransaksi di bank, mungkin lebih dikarenakan masyarakat sudah mengenal Bank Lippo sejak lama. Akan tetapi, kegiatan periklanan dan promosi penjualan tetap harus ditingkatkan dan lebih bervariasi lagi. Fungsinya selain sebagai media pengingat dan memperkenalkan produk baru, juga untuk mempertahankan loyalitas pelanggan lama dan menarik pelanggan baru untuk bertransaksi di Bank Lippo. |