Dalam menghadapi era globalisasi saat ini, banyak perusahaan yang mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Untuk meraih peluang-peluang yang ada, perusahaan harus menganalisa pasar yang akan dituju. Dalam rangka meraih pangsa pasar, perusahaan hendaknya menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Dalam skripsi ini penulis menganalisa strategi pemasaran internasional P.T. Suryamas Lestariprima. P.T. Suryamas Lestariprima adalah perusahaan yang memproduksi pintu dan moulding dengan bahan baku kayu. Dalam memasarkan produknya, P.T. Suryamas Lestariprima telah mengekspor ke negara-negara seperti: United Kingdom, Benelux, Canada, South Africa, Australia, Middle East, USA. Namun, sebelum melakukan aktivitas ekspor, P.T. Suryamas Lestariprima tidak melakukan analisa lingkungan global terhadap pasar sasarannya. Selain itu perusahaan tidak terlalu memfokuskan pada usaha-usaha pemasaran yang intensif. Setelah dilakukan analisa lingkungan global, penulis menyarankan P.T. Suryamas Lestariprima hendaknya memfokuskan strategi pemasarannya ke Kanada terlebih dahulu, karena volume ekspor ke Kanada masih rendah, namun pasarnya cukup potensial. |