Makan diluar rumah telah menjadi kebiasaan sejak dulu. Setiap tahunnya, semakin banyak keluarga yang mengeluarkan uang untuk makan di restoran. Untuk menjadi sukses didalam bisnis retoran yang penuh persaingan, pemilik retoran harus mengetahui bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Dalam menilai kualitas suatu restoran, pelanggan tidak hanya menilai dari pelayanannya saja, tetapi juga produk yang ditawarkan oleh restoran tersebut. Dalam menilai kualitas jasa terdapat lima dimensi yang digunakan oleh pelanggan yaitu yang terdiri dari keterandalan, kesigapan, jaminan, empati, nyata. Sedangkan untuk kualitas produk terdapat delapan dimensi yang dinilai. Namun penulis hanya menggunakan dimensi kualitas jasa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan survey dan kuesioner serta metode analisa data menggunakan Korelasi Rank¿Order Spearman, diagram kartesius, dan Uji Chi Kuadrat. Sampel yang diambil berjumlah 212 respon den.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas jasa Laras Café secara keseluruhan adalah cukup baik, walaupun responden menginginkan kualitas yang lebih baik lagi. Hal tersebut dapat dilihat bahwa nilai kepentingan responden masih lebih kecil dari nilai kepuasan yang dirasakan responden. Agar dapat meningkatkan kualitas jasa dari Laras Café, maka diperlukan tindakan-tindakan perbaikan dari pihak manajemen agar dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan |