Jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak merupakan pasar sasaran bagi banyak perusahaan dari berbagai industri, salah satunya adalah industri asuransi. PT Prudential Life Assurance merupakan perusahaan asuransi dari Inggris yang mengeluarkan Prulink Assurance Account (PAA). PAA merupakan hasil pengembangan produk dari produk asuransi tradisional. Penulis tertarik untuk melakukan perbandingan terhadap kedua produk ini dan juga melihat pengaruhnya terhadap penjualan dari para Financial Consultantnya dan penjualan perusahaan. Untuk keperluan itu penulis membuat rancangan penelitian yaitu melihat perbedaan produk lama dan baru, kemudian melakukan perhitungan statistik dengan menggunakan uji rata-rata dua dan satu sisi, dan berdasarkan hasil perhitungan statistik penulis melakukan interpretasi hasil penelitian. PT. Prudential Life Assurance merupakan salah satu anak cabang perusahaan asuransi Prudential yang berasal dari Inggris. Pada tahun 1996 Prudential masuk ke pasar Indonesia dan membentuk kerja sama dengan Bank Bali membentuk PT. Prudential BancBali Life Assurance dan pada tahun 2001 Prudential mengambil 16,4 persen saham dan menjadi PT. Prudential Life Assurance dan meluncurkan produk PAA yang lebih Fleksibel dalam mengubah rencana asuransi dan lebih transparan. Fleksibel maksudnya adalah bahwa rencana asuransi yang dapat diubah setiap saat yaitu jangka waktu pembayaran, jumlah pembayaran, penambahan atau pengurangan jenis proteksi dan jenis dana investasi. Sedangkan transparan dalam pengolahan dana maksudnya adalah : nasabah dapat mengetahui semua transaksi yang terjadi dalam rekeningnya setiap saat. Kedua hal diatas merupakan kekuatan dari produk PAA karena produk tradisional yang telah dipasarkan oleh perusahaan asuransi selama ini tidak memberikan fasilitas itu. Hasil dari perhitungan statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata penjualan per Financial Consultant meningkat dari Rp. 2.441.000,- (produk tradisional) menjadi Rp. 4.460.000,- (produk PAA). Total penjualan perusa haan juga mengalami peningkatn dari Rp.16.898.000.000,- (produk tradisional) menjadi Rp. 81. 642.400.000 (produk PAA). Kesimpulan yang dapat kita peroleh dari hasil analisa penulis adalah pengembangan produk yang dilakukan PT. Prudential Life Assurance dapat mencapai tujuan perusahaan yaitu peningkatan penjualan. Namun penulis masih menyarankan perusahaan untuk menurunkan premi yang minimumnya RP.300.000,- perbulan menjadi paling tidak sama dengan premi minimum tradisional yaitu Rp. 100.000 atau lebih di atasnya sedikit yaitu sekitar Rp.150.000,-. Dengan demikian PT. Prudential Life Assurance dapat pula merangkul pasar masyarakat menengah kebawah. |