Skripsi ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan produk buku sastra Persero Balai Pustaka. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis menggunakan beberapa metode dalam skripsi ini, antara lain metode pengumpulan data, metode pengolahan data dan metode analisis. Metode pengumpulan data mencakup penelitian kepustakaan, metode pengolahan data meliputi empat kegiatan yaitu editing, coding, tabulating dan analyzing. Sedangkan metode analisis mencakup metode deskriptif dan metode kuantitatif. Pengembangan produk yang dilakukan Persero Balai Pustaka ditekankan dalam hal kualitas atau mutu dan model (ukuran, bentuk ) dari produk tersebut. Faktor-faktor yang menghambat pengembangan produk Persero Balai Pustaka antara lain, persaingan di antara perusahaan di pasar, dan menurunnya minat beli konsumen. Tetapi di samping itu terdapat factor-faktor yang mendorong pengembangan produk Persero Balai Pustaka yaitu, perkembangan teknologi dan permintaan pasar. Pengaruh pengembangan produk pada penjualan produk Persero Balai Pustaka yang cukup kuat dapat terlihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,9793 dan nilai determinasi sebesar 96 persen, bila faktor-faktor lain seperti harga, promosi dan distribusi dianggap konstan (ceteris paribus). Dari hasil analisis terlihat bahwa dengan dilakukannya pengembangan produk, perusahaan dapat menignkatkan penjualan dan mempertahankan posisinya di pasar |