Seiring dengan arus pemasaran globalisasi dewasa ini, daur hidup produk menjadi semakin pendek. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu memperpanjang umur produknya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan suatu strategi pengembangan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan apakah penerapan strategi pengembangan produk dapat meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis data dihitung dengan menggunakan koefisien korelasi ( r ), koefisien determinasi ( KP ) dan uji koefisien r. Penelitian ini menghasilkan perhitungan r = 0,9233 sehingga menunjukan hubungan yang kuat dan positif antara biaya pengembangan produk dengan volume penjualan. KP = 85,25 persen membuktikan tingkat ketergantungan penjualan perusahaan terhadap biaya pengembangan produk dan sisanya adalah faktor-faktor pemasaran yang lain. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis diatas adalah keberhasilan PT. Sindoll Pratama dalam menerapkan strategi pengembangan produk. Hal ini terbukti dengan meningkatnya volume penjualan yang dicapai perusahaan. |