Teknologi informasi di Indonesia saat ini sedang berkembang dengan pesat dan memegang peranan yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya perusahaan yang bersaing untuk menjual produk teknologi informasi. Salah satu produk teknologi informasi yang sangat penting adalah komputer sebagai basis dari pertukaran dan perkembangan teknologi informasi itu sendiri. Melihat dari banyaknya perusahaan yang bersaing dalam penjualan produk komputer di Indonesia, penulis tertarik untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang hubungan antara strategi harga dalam meningkatkan volume penjualan produk komputer Compaq di PT. Arjuna Sinatria Amarta. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisa strategi penetapan harga yang diterapkan PT. Arjuna Sinatria Amarta dalam mengambil keputusan harga, dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses penetapan harga. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata penetapan harga dengan strategi mark-up pricing cukup tepat untuk diterapkan dalam perusahaan yang bergerak di bidang informasi teknologi seperti PT. Arjuna Sinatria Amarta. Hal ini disebabkan karena strategi mark-up pricing mempunyai kemudahan-kemudahan dan sangat fleksibel untuk diterapkan. |