Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor manajemen yang paling penting dalam perusahaan karena memiliki pengaruh yang besar sebagai penentu kemajuan perusahaan, karenanya diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu bersaing seiring dengan pesatnya perkembangan jaman. PT.Satelindo sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha telekomunikasi berupaya untuk menjadi yang terdepan diantara perusahaan-perusahaan telekomunikasi lainnya sekaligus memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya, baik itu dari segi fasilitas maupun pelayanan. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, maka PT.Satelindo mengadakan program pendidikan dan pelatihan bagi karyawannya. Dengan adanya program pendidikan dan pelatihan ini, diharapkan karyawan memiliki ketrampilan, pengetahuan, serta sikap yang lebih baik sehingga dapat mencapai profesionalisme kerja yang nantinya akan berdampak pada kemajuan perusahaan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk meneliti pengaruh program pendidikan dan pelatihan di PT. Satelindo terhadap peningkatan profesionalisme kerja karyawan pada divisi customer service, karena divisi ini merupakan divisi kunci dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada 30 responden dari karyawan divisi customer service yang telah mengikuti program pendidikan dan pelatihan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat memperoleh gambaran bahwa pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan di PT. Satelindo memang memiliki hubungan yang kuat dengan profesionalisme kerja dan memberikan pengaruh yang positif yakni sebesar 49,8 persen, sementara sisanya 50,2 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dibahas dalam skripsi ini. Dari uji statistik dapat disimpulkan bahwa hubungan yang terjadi antara pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan dengan peningkatan profesionalisme pada PT. Satelindo memang signifikan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka hendaknya Program Pendidikan dan Pelatihan ini terus diadakan dan semakin disempurnakan, baik itu materinya, metode pengajarannya, instrukturnya maupun waktu dan fasilitas yang disediakan agar para karyawan dapat semakin memperoleh manfaat yang besar dari program ini, baik itu manfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi kemajuan perusahaan . |