Pengikatan pelanggan merupakan suatu proses dimana perusahaan berusaha untuk membangun atau mempertahankan kepercayaan pelanggannya sehingga satu sama lain saling menguntungkan dalam hubungan tersebut. Kesetiaan pelanggan muncul dari dalam diri pelanggan jika pelanggan sudah merasakan kepuasan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Pelanggan tersebut telah melakukan pembelian ulang secara teratur, merekomendasikan perusahaan tersebut kepada orang lain, serta konsumen tersebut percaya dan merasa aman dalam menggunakan produk atau jasa tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara pengikatan pelanggan dengan kesetiaan pelanggan. ini dapat terlihat pada hasil perhitungan korelasi antara keduanya r = 0,6227 Kesimpulan secara keseluruhan dapat dikatakan, jika tingkat pengikatan pelanggan naik, maka tingkat kesetiaan pelanggannya pun akan naik, begitu pula sebaliknya. Saran yang dapat diberikan adalah setiap upaya unt uk meningkatkan kesetiaan pelanggan harus diimbangi dengan strategi pengikatan pelanggan yang baik. Sekolah musik perlu memperhatikan dan memberikan penghargaan kepada murid ¿ murid yang telah mempromosikan sekolah musik kepada teman ¿ teman atau kerabat keluarganya, tetap menjalin hubungan baik dengan para lulusannya dengan membuat suatu program khusus untuk para lulusan, sekolah musik juga perlu meningkatkan promosi melalui media massa |